Makalah Manajamen Kandang Anjing


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
Anjing merupakan salah satu hewan yang digemari olah manusia. Dikatakan bahwa anjing telah menemani manusia selama lebih dari 10.000 tahun. Beberapa peneliti menyatakan bahwa semua anjing, baik yang masih liar dan telah didomestikasi berasal dari South Asian Wolf (NatGeo, 2014). Saat ini telah ada ratusan jenis ras anjing yang telah didomestikasi yang meskipun sangat beragam baik dari bentuk dan ukuran tubuh, mereka berasal satu satu spesies yang sama yaitu Canis familiaris.
Anjing merupakan hewan yang bisa menjadi teman baik bagi manusia. Selain makanan, anjing membutuhkan beberapa kebutuhan lain untuk menjaganya agar tetap sehat, lincah, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk menunjang semua hal tersebut, tentu anjing membutuhkan tempat agar dapat bergerak bebas. Selain itu, anjing juga membutuhkan tempat khusus, tempat khusus yang dimaksud adalah kandang anjing.
Kandang untuk anjing harus mendapat perhatian yang cukup mengingat keseharian anjing akan lebih banyak berada di tempat tersebut.
Pada dasarnya anjing merupakan hewan yang sangat aktif. Beberapa pemilik anjing bahkan merantai hewan ini untuk menjaga dan membatasi ruang gerak mereka yang sangat lincah. Oleh karena itu, sebagai tanda sayang Anda terhadap aning, tidak ada salahnya untuk memberinya hadiah berupa sebuah kandang.
Kandang anjing sebenarnya bisa saja dibuat oleh pemilik anjing sendiri. Apalagi jika pemilik anjing memiliki sediit lahan di rumah yang bisa dijadikan sebagai tempat peletakkan kandang untuk anjing. Akan tetapi pembuatan kandang ini harus lah mengikuti prosedur dan memperhatikan tingkat kenyamanan untuk anjing itu sendiri.
Kandang anjing yang baik dan sehat adalah kandang yang dapat membuat anjing merasa aman, nyaman dan tenang berada di dalamnya serta terhindar dari ancaman maupun gangguan penyakit. Kesehatan anjing sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lingkungan sekitarnya. Lingkungan yang sehat tentunya akan mendukung kesehatan dan kesejahteraan hewan itu sendiri. Selain itu kandang juga berfungsi melindungi hewan dari gangguan dan ancaman dari luar sehinnga hewan akan merasa aman. Manajemen kandang yang sesuai akan memaksimalkan fungsi kandang sebagai tempat lindung hewan.

1.2  Rumusan malah
  1. Bagaimanakah pedoman dalam membuat kandang anjing ?
  2. Apa saja persyaratan dalam pembuatan kandang anjing ?
  3. Apa saja jenis-jenis kandang anjing ?

1.3  Tujuan
  1. Mengetahui pedoman dalam membuat kandang anjing yang benar
  2. Mengerti persyaratan dalam pembuatan kandang anjing
  3. Mengetahui jenis-jenis kandang anjing






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pedoman dalam membuat kandang anjing
Dalam pembuatan kandang untuk anjing, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu pedoman-pedoman membuat kandang untuk anjing. Berikut adalah beberapa pedoman dalam pembuatan kandang anjing;
2.1.1   Memeriksa Lokasi
Sebelum membeli perlengkapan untuk membuat kandang anjing, ada baiknya Anda memeriksa lokasi yang akan dijadikan sebagai tepat tinggal anjing tersebut. Bagi Anda yang memiliki halaman belakang di rumah, tentu dapat memanfaatkan lahan bagian belakang di rumah tersebut. Halaman belakang rumah sangat cocok untuk anjing yang memiliki kepribadian lincah.
2.1.2   Menyesuaikan Kandang dengan Jenis Anjing
Selain lokasi, pertimbangan lain dalam pembuatan kandang anjing adalah jenis anjing. Kandang untuk anjing tentu saja harus sesuai dengan jenis anjiing, ukuran, mau pun tingkat energi anjing yang dipelihara. Jika usia anjing termasuk muda dan memiliki stamina yang kuat serta semangat, tentu anjing membutuhkan ruang yang lebih luas untuk ia tinggali.
Kandang anjing untuk jenis yang sangat lincah tentunya membutuhkan jumlah ventilasi yang cukup. Hal ini tentu mengharuskan pemilihan tempat yang baik dalam ventilasi udara segar. Untuk ukuran anjing, tentu hal tersebut harus disesuaikan dengan ukuran ruang yang memadai gerak gerik anjing tersebut.
2.1.3   Pembuatan Jalan
Setelah menentukan ukuran dan memperhatikan ventilasi kandang, langkah selanjutnya dalam pembuatan kandang untuk anjing adalah membuat arah jalan untuk anjing. Arah anjing ini bisa dibuat dengan cara membuat pagar sebagai tanda. Kita juga bisa membuatnya dengan cara melilitkan benang pada tongkat-tongkat kayu yang telah ditancapkan di berbagai tempat sebagai pembatasnya.
2.1.4   Membuat Pagar
Dalam perlengkapan pembuatan kandang, hal yang bisa ditambahkan adalah pagar. Pembuatan pagar berfungsi sebagai pelengkap dari kandangnya tersebut. Pembuatan pagar untuk pelengkap kandang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Hanya, biasanya anjing seringkali berperilaku tidak terkendali sehingga pagar berfungsi sebagai pembatas agar gerak gerik anjing dapat terkendali. Pembuatan pagar di sekitar kandang ini bisa dibuat dari kayu atau besi. Hal ini bergantung pada pemilik anjing sendiri.
Ketika memasang pagar di sekitar kandang anjing, hal yang pertama dilakukan adalah menentukan letak-letak batasan yang akan dipagari. Untuk membuat pagar lebih kokoh, pertama-tama harus lah membuat lubang sekitar 30 inci. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai pondasi agar pagar yang dibuat terpasang dengan kuat.
Selain pagar penambahan perlengkapan kandang anjing selanjutnya adalah naungan untuk anjing. Ketika anjing lelah, biasanya anjing akan berdiam di depan kandangnya dan menghirup udara segar. Oleh karena itu, ada baiknya jika kandang dilengkapi dengan tirai tua agar ia tidak kepanasan ketika berada di depan kandangnya. Dengan adanya kandang yang baik, anjing akan merasa nyaman dan juga tidak mengganggu aktivitas pemilik anjing.

2.2      Persyaratan dalam pembuatan kandang anjing
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anjing senantiasa membutuhkan ruang gerak yang bebas untuk segala aktivitasnya. Apalagi beberapa jenis anjing, seperti Golden Retriever dan Rottweile, yang merupakan anjing yang bergerak lincah, memerlukan ruang yang cukup untuk segala aktivitasnya. Walau pun saat ini banyak anjing yang dilepaskan secara bebas di dalam rumah, hal tersebut tidak berlaku untuk semua jenis anjing yang ada saat ini.
Memelihara anjing secara bebas di dalam rumah memang bukan lah hal yang salah. Akan tetapi, hal tersebut tidak lah efektif untuk beberapa jenis anjing peliharaan, terutama jika anjing peliharaan tersebut dalam jumlah yang cukup banyak. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa diperlukan kandang anjing yang tetap bisa memungkinkan anjing dapat bergerak dengan bebas.
Dalam pemilihan atau pembuatan kandang untuk anjing, kita harus mengetahui beberapa pedoman dan beberapa persyaratan untuk membangun sebuah kandang anjing. Persyaratan ini digunakan untuk bisa menciptakan rumah bagi anjing yang nyaman serta tidak membuatnya merasa terkurung. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam membuat kandang untuk anjing :
·       Kandang harus memiliki tempat untuk berteduh dari panas matahari dan dinginnya hujan. Kandang untuk anjing dapat dibuat dengan perbandingan tempat berteduh dan tempat terbuka skitar 30:70 atau 40:60.
·       Bagian untuk berteduh dalam kandang harus terkena sinar matahari pagi atau menghadap ke arah timur. Hal ini dilakukan agar anjing terbebas dari jamur dan panas di sore hari.
·       Keseluruhan kandang harus memiliki ventilasi yang baik atau mendapatkan udara yang cukup.
·       Adanya ruang yang cukup untuk bermain.
·       Tersedianya ruang untuk membuang kotoran.
·       Lantai kandang harus memiliki sudut kemiringan agar terhindar dari genangan air setelah hujan atau setelah dibersihkan.
·       Lantai tempat bermian dalam kandang harus menggunakan semen, paving blok atau ditanami rumput. Apabila lantai bermain menggunakan material semen, permukaan lantai harus lah dalam keadaan kasar. Hal ini dilakukan agar lantai tidak licin ketika lantai dalam keadaan basah.
·       Ukuran kandang sebaiknya disesuaikan dengan ukuran anjing dan jumlah anjing yang dipelihara. Untuk anjing trah besar seperti Rottweiler, ukuran minimal kandang sekitar 1 x 3 meter atau bisa juga disesuaikan dengan lahan yang tersedia.
Persyaratan pembuatan kandang ini sama halnya menjadi suatu pedoman bagi pemilik anjing agar bisa membuat kandang yang nyaman, dan sehat untuk anjing-anjing peliharaannya.

2.3      Jenis-jenis kandang anjing
Setelah mengetahui pedoman dan persyaratan mengenai cara membuat kandang untuk anjing, langkah selanjutnya yang harus diketahui adalah jenis-jenis kandangnya.
Pada dasarnya, anjing membutuhkan sebuah kandang untuk tempat berlindungnya. Oleh karena itu lah penyesuaian ukuran, jumlah dan kenyamanan anjing sangat dibutuhkan dalam pembutana kandang tersebut.
Secara umum, kandang anjing terbagi menjadi dua jenis, yaitu kandang permanen dan kandang tidak permanen. Berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis kandang untuk anjing;
2.3.1   Kandang Anjing Permanen
Untuk kandang permanen, bisa dibuat cukup dengan membuat pagar atau teralis besi. Pembuatan pagar ini biasanya terletak di pojok-pojok halaman rumah. Dalam pembuatan kandang permanen ini, tentu harus lah dipikirkan secara matang. Sebab, kandang akan secara paten terletak di lokasi yang telah dipilih. Selain itu, apabila ingin diubah, kandang permanen ini akan cukup sulit dibongkar.
2.3.2   Kandang Anjing Tidak Permanen
Kandang yang tidak permanen biasanya dijual di petshop-petshop. Umumnya kandang anjing ini terbuat dari besi atau alumunium. Kelebihan dari kandang jenis ini adalah praktis, sederhana, dan mudah untuk dipindah-pindah. Akan tetapi, kekurangan kandang jenis ini adalah minimnya ruang gerak anjing sehingga bisa membuatnya tidak nyaman. Untuk pemilihan jenis kandang yang tidak permanen ini, pemilik anjing bisa memilih kandang anjing yang berbahan bagus dan kuat.
Pemilihan jenis kandang anjing memang dituntut pemikiran yang matang. Pembuatan kandang untuk anjing sendiri juga membutuhkan pengetahuan yang cukup. Seringkali kandang dibuat dari bahan kayu. Hal ini tentu saja tidak begitu direkomendasikan karena dapat membuat kandang menjadi lembap dan akhirnya bisa mengundang kutu serta penyakit lainnya.






BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
Anjing merupakan hewan yang bisa menjadi teman baik bagi manusia. Anjing membutuhkan beberapa kebutuhan lain untuk menjaganya agar tetap sehat, lincah, dan terhindar dari berbagai macam penyakit yakni sebuah kandang. Pembuatan kandang anjing harus mengikuti pedoman, persyaratan dan prosedure yang bagus agar anjing tetap merasa nyaman, aman, dan selalu sehat
3.2  Saran
Pembuatan kandang anjing hendaknya menyesuaikan juga dengan jenis anjing yang dipelihara.











Daftar pustaka

Haiden, C.A. 1994. Management of Kennel and Catteries in Veterinary Nursing Book. Paragamon : British. Halaman 157
 Prajanto dan Andoko. 2006. Membuat Anjing Sehat dan Pintar. Agromedia Pustaka : Jakarta. Halaman 37-47
 Santana. 2007. Membiakkan Anjing. Penebar Swadaya : Jakarta. Halaman 30
 Sanusi, Sani. 2004. Mengenal Anjing. Penebar Swadaya : Jakarta. Halaman 51-60

Komentar

Postingan Populer